Laman

Kamis, 27 Januari 2011

G R U N G E

Sumber aliran : Rock alternatif, hardcore punk, heavy metal, indie rock
Sumber kebudayaan : Pertengahan-1980an, Washington
Alat musik yang biasa digunakan : Electric guitar - Bass guitar - Drums - Vocals
Popularitas arus utama : Tinggi pada awal-pertengahan 1990-an; Rendah setelah itu.
Bentuk turunan : Post-grunge, nu metal, sludge metal

Grunge (kadang-kadang disebut juga Seattle sound) adalah sebuah sub genre dari rock alternatif yang muncul pada pertengahan 1980-an di negara Amerika Washington, khususnya di wilayah Seattle. Terinspirasi oleh punk rock, heavy metal dan indie rock, grunge umumnya dikenali melalui suara distorsi gitar yang berat dan lirik melankonis atau apatistik.
Gerakan awal grunge mulai terlihat pada akhir tahun 1980-an di sekitar Seattle melalui label independen Sub Pop. Grunge menjadi sukses secara komersial pada paruh pertama tahun 1990-an, terutama karena dirilisnya Nevermind oleh Nirvana dan Ten oleh Pearl Jam. Keberhasilan band-band ini meningkatkan popularitas rock alternatif dan membuat grunge menjadi bentuk musik yang paling populer pada waktu itu. Namun, banyak band grunge tidak nyaman dengan popularitas. Meskipun banyak band grunge yang bubar atau menghilang dari pada akhir 1990-an, pengaruh mereka terus memiliki dampak bagi perkembangan musik rock modern selanjutnya.
Grunge adalah suatu musik yang menceritakan tentang luapan yang ada di dalam diri, atau menceritakan tentang kisah hidup yang tak bisa dilupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar